Polda Sumsel Urung Tahan 6 Direktur Perusahaan Pembakar Hutan

Baharman    •    Rabu, 16 Sep 2015 21:46 WIB

Metrotvnews.com, Palembang: Polda Sumatra Selatan urung menahan enam direktur perusahaan perkebunan yang diduga membakar lahan. (Baca: 6 Direktur Jadi Tersangka Pembakaran Lahan)

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol R Djarod Padakova mengatakan saat ini penyidik masih mendalami kasus itu. ”Kita masih memeriksa sejumlah saksi dan alat bukti. Kita juga memerlukan saksi ahli,” ujarnya, Rabu (16/9/2015).

Djarod mengungkapkan perkembangan pemeriksaan yang dilakukan Direktorat Reskrimsus Polda, selain enam perusahaan, ada lima perusahaan lagi yang ditingkatkan ke tahap penyidikan. ”Jadi, dari 19 perusahaan yang diperiksa, ada 11 yang ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan,” katanya.

Kesebelas perusahaan yang tengah disidik yakni, PT WAJ (Waringin Agro Jaya), PT KY (Kirana Yudha), PT RHS (Rimba Hutan Simas), PT PH (Putra Hangtuah), PT PSM (Persada Sawit Mas). Kasusnya ditangani Polda Sumsel.

Kemudian perusahaan yang diperiksa di Polres Musi Banyuasin (Muba) antara lain PT RHM (Rimba Hutani Mas), PT SBN (Swadaya Bangun Negara), PT MSA (Mentari Subur Abadi), PT GAL (Global Alam Abadi). Di Polres Banyuasin diperiksa PT AA (Adira). Dan di Polres Ogan Komering Ilir (OKI) diperiksa PT RPP (Rosalindo Putra Prima).

Untuk mengoptimalkan penyidikan, tambah Djarod, Mabes Polri mengirim 30 penyidik. ”Mereka telah tiba hari ini dipimpin Irjen Pol Aridono,” katanya.

Sementara itu, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan di Sumsel terus dilakukan. ”Hasilnya mulai dirasakan dengan berkurangnya titik api di sejumlah area,” paparnya seusai meninjau lokasi kebakaran di Kecamatan Air Sugihan dan Sungai Baung, Ogan Komering Ilir.

Pasukan TNI memadamkan api secara manual dan membuat sekat-sekat agar kebakaran tidak meluas. ‘Sejumlah perusahaan juga membantu mengerahkan alat berat,” ujarnya.

(UWA)

 

Sumber Link : http://news.metrotvnews.com/read/2015/09/16/170519/polda-sumsel-urung-tahan-6-direktur-perusahaan-pembakar-hutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *